snow white queen

Thursday, December 18, 2008

reader vs book's price nowaday

haaahhh!!!

Authors nowaday are so "wweeeewww"
selain mereka pinter bikin cerita2 yang memukau. Mereka juga jago bikin strategi penjualan.
yak!!! dengan bikin buku bersere itu adalah strategi yang hebat!!
(well sebenernya itu cma pemikiran buruk gw doang..sory)

tapi shit!!!
readers nowaday are so "desperado"!!
because of what??!!!
say it clearly readers!!!!
yeaaaaaa damn right....
they are so expensive to be book!

sial terakhir kali gw ke gramedia..(which is 2 hari yang lalu)
gw mendapati harga2 buku semakin menggillaaaaa...
(untuk para penulis disana,,yea I know,,your work is not just a priceless)

Sepenglihatan gw, untuk novel, yang termurah sekitar 50rb an.
Buat komik.....gila gila gila gilaan.
Dulu gw inget banget, pertama kali beli komik waktu SD itu cuma 2500.
Terus mengalami kenaikan jadi 3500.
Lama ga merhatiin harga komik, harganya udah beranjak jadi 6500. Terus terakhir dan sempet lama harganya bertahan 9500. Ok...pada tahap haga itu gw (maksudnya kaka gw) masih bisa ngoleksi beberapa judul komik.
Dan gw selalu bangga mamerin kalo gw udah baca komik conan yang terbaru
sebelom temen2 gw yang lain baca.
But nowwww...digit harganyanya udah nambah satu, jadi 13500. Terus makin ngelunjak jadi 15000an!!!
Dan sialnya faktor harga yang naik dan kaka gw yang udah jaraang ke Atma Jaya
bkin gw bahkan belom baca Conan yang nomor 52...menyedihkan!!

Buat gw itu sangat BITCHY.
Karena gw lahir bukan di keluarga
dimana nyokap gw akan dengan ringan tangan
(maksudnya bukan gampang mukul, ringan tangan dalam arti kata harfiahnya)
ngasih duit ke gw untuk gantiin duit gw kalo abis beli buku...
It's so not gonna happen kecuali kenyataan kalo buku itu ada hubungannnya
dengan pelajaran2 yang bisa bikin jembata2 otak gw bertambah.

Mungkin seharusnya ga akan segini histerisnya kalo buku2 itu ga perlu gw beli, tapi cukup gw sewa aja.
Well, untuk urusan buku2 dengan label
"wajib koleksi ato kau menyesal di usia tuamu"
adalah buku2 yang wajib punya walopun gw udah nonton filmnya.
(dan pembagian buku-apa-yang-dibeli-siapa ini selalu bikin kaka gw ga rela
buat berbagi saham kepemilikan, soalnya kita ga mau rebutan buku itu pas udah tua,
tapi tetep aja dia selalu bilang, "entar taro bukunya dirumah gw ya, kalo seandainya ga di taro di rumah mama")

Mengenai strategi penjualan dengan buku berseri..
Wowow,,satu judul minimal biasanya ada 3 seri atao bahasa bekenya trilogy.
Ok,,gimana kalo gw udah baja 3 judul yang berbeda dan itu semua berseri.
bisa dibayangkan???
dan itu yang selalu bikin gw bingun
waktu ngebaujetin gaji bulanan gw (uang saku maksudnya).


"bulan ini, jaket dulu apa buku Maryamah Karpov,
ato Ecalips ato....aaaaaaahhhhhrrrggghhhhh!!!!"


Belom lagi kalo ada ajakan setan dari begundal2
tukan main yang seringnya kita sebut mereka sebagai 'teman'. Kalo sekali jalan yang cuma buang2 waktu sama cuma numpang makan, min abis 50rb an!!! and once again
i wasn't born in royal family, which is mean
i have to used my own money to have fun.

Back to book.
Tenyata ga cuma novel. Buku pelajaran lebih gila2an lagi.

Dulu waktu awal masuk kuliah.
Yeeaahh namanya juga mahsiswa baru.
Lagi semangat2nya beli buku. Dan buku yang segede yellowpages pun gw beli. Walopun sebenernya gw cuma pake buku itu
(insya Allah, kalo ga ngulang) 1 semester doang. Kurang dari 1 semester malah!!!
(karena gw cuma baca buku itu kalo gw bawa kekampus,
dan gw bawa buku itu kekampus, waktu itu, cuma beberapa kali pertemuan).

Gw cukup siyok waktu denger harga (dan gedenya) buku itu.
Mau coba nginget,, memori diotak gw tetep memberi gw gambaran
buku SMA ga ada yang sampe segitunya.
Jadi gw mengakalinya dengan beli yang fotocopian. Setidaknya ada beberapa puluh ribu potongan harga yang bisa sedikit gw kais (kais=dari kata "mengais rejeki").

Tapi kalo lagi ga beruntung gw bahkan ga dapet yang palsu.
Dan berita bururknya buku yang asli ga lebih baik dari yang palsu. Bukan kualitas, tapi efek yang di kasih ke gw. Pil pahit tentang buku asli yang gw 'tegak' adalah
selain kenyataan itu buku lebih mahal,
beban yang lebiih "berat" karena kualitas kertas yang lebih bagus pun harus gw 'pikul' setiap kali buku itu harus gw bawa kekampus.
kenyataan memang kejam.

Jadi...bisakah harga buku lebih manusiawi??
Karena waktu harga buku murah aja,
minat baca (walopun baca komik) anak2 aja rendah.
Gimana kalo harga buku mahal, makin ga minatt...
=|

1 comment:

LadyDIE said...

Jadi...beli buku yang mana dulu ya??
Maryamah karpov ato Ecalips??
Dua2ny si sama2 mahal...